The First Time

September 24, 2004 § Tinggalkan komentar

20 September 2004. Untuk pertama kali, kita melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) presiden langsung. Sebagai sebuah peristiwa politik, banyak sekali pelajaran berharga yang bisa dipetik dari hasil yang terjadi pada tanggal tersebut. Saya mencatat beberapa hal:

Pertama, ternyata hanya dalam waktu lima tahun para pemimpin sipil hasil pemilu gagal mempertahankan kepercayaan yang diberikan rakyat kepada mereka. Tak tanggung-tanggung, tokoh-tokoh reformasi seperti Amien Rais, Abdurrahman Wahid, dan terutama Megawati Soekarnoputri, kehilangan legitimasinya untuk memimpin jalannya masa transisi ini;

Kedua, seiring dengan kekalahan para tokoh di atas, kalangan sipil sepertinya kehilangan figur alternatif yang bisa disandingkan dengan figur-figur jebolan institusi militer;

Ketiga, dengan pemilu presiden langsung seperti ini kalangan prodemokrasi tak bisa menafikan pentingnya kehadiran seorang figur. Organisasi yang solid dengan struktur yang menjangkau luas hingga ke basis-basis massa terbukti tak mencukupi. Kombinasi antara figur pemimpin dan struktur organisasi yang baik, adalah syarat utama untuk bermain dalam arena demokrasi prosedural.

Kini soalnya, bagaimana kita menghadapi masalah-masalah transisi yang krusial saat ini. Seperti kemiskinan yang kian merajalela, ketimpangan sosial yang semakin lebar, menguatnya dominasi militer, makin tergantungnya rejim berkuasa terhadap program-program neoliberal?

Melalui blog ini, saya ingin menyumbang saran dan pendapat yang sekiranya bisa membantu menjernihkan hal-hal yang berhubungan dengan proses konsolidasi demokrasi. Untuk itu, saya mengundang Anda untuk ikut berpartisipasi dalam blog ini.

Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading The First Time at Coen Husain Pontoh.

meta

%d blogger menyukai ini: